Peternakan

Program Peternakan JMD biasanya terpusat pada peternakan kambing; Kambing merupakan hewan pilihan yang banyak dipilih di Aceh untuk dimakan dagingnya, selain pemerahan susu kambing yang masih belum umum pada 40 tahun terakhir. Aceh, seperti daerah lain di Indonesia, adalah rumah bagi berbagai varietas kambing, yang kebanyakan diternakan secara liar di daerah pedesaan. Dalam rangka membantu para petani meningkatkan kesehatan dan produktifitas ternaknya dan kembali mengenalkan praktek peternakan dan juga pemerahan, JMD melakukan asesmen tentang faktor penting dalam usaha susu seperti pasturisasi, pengelolaan susu, penggemukan ternak dan juga pengembang-biakan ternak. Staf kami dan dokter hewan membentuk tim bersama dengan ahli spesialisasi susu dari universitas di Aceh untuk mengembangkan model dasar yang memperkenalkan kepada desa-desa di seluruh provinsi Aceh pengalihan dari penggunakan kandang ke metode satu padang rumput, peningkatan cara makan ternak, fasilitasi proses pemerahan, proses sanitasi dan pemasaran dan juga tekhnik pengembang biakan yang menunjukan cara menggabungkan jenis terbaik yang sesuai dengan iklim, letak geografis dan kebutuhan sang peternak.

Kambing Perah

JMD mendirikan perusahaan susu komersil pertama di Aceh, yang memproduksi susu kambing segar yang telah dipasturisasi untuk dijual. Para penduduk desa mengelola perusahaan tersebut, memberi makan ternak dengan menggunakan dahan pohon organik dan sayuran, yang lokasi pohon dan tanamannya dikelola dekat dengan perusahaan susu. Seperti semua inisiatif yang dilakukan JMD, perusahaan susu ini dibangun untuk mendatangkan pendapatan, keterampilan manajemen usaha dan memperbaiki kehidupan para keluarga penerima mamfaat juga generasi yang akan datang.

Usaha susu komersil pertama di Aceh mendatangkan pendapatan bagi para peternak susu dan juga perbaikan kehidupan bagi masyarakat.

Perusahaan susu ini dikelola oleh koperasi tingkat kelurahan dan kecamatan, yang membeli susu dari para peternak susu dan proses pasturisasi dan pengemasan dilakukan pada unit pasturisasi di desa tersebut. Staf JMD memberikan dukungan pengelolaan secara berkesinambungan kepada koperasi tersebut apabila diperlukan, dan memfasilitasi koordinasi dengan agensi dan organisasi lain seperti Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh dan Dinas pemerintah lokal. Peternakan ini memproduksi pakan organik yang sudah tersedia dari rumput dan berbagai tanaman lain seperti, kacang tanah, jagung dan kedelai. Pada akhirnya, kompos dari kotoran kambing inipun bisa dijadikan pupuk untuk pertanian yang mereka kelola.

Pemeliharaan dan Pengembangbiakan Kambing

Program pemeliharaan dan pengembangbiakan kambing di seluruh Aceh melatih para pengusaha kecil ini keterampilan sepanjang hidup.

Pada Program pemeliharaan dan pengembangbiakan Kambing yang dikelola JMD di seluruh Aceh, para peserta mempelajari keterampilan baru, menghasilkan makanan yang bergizi bagi keluarga mereka dan juga mendatangkan pendapatan dari ternak kambing, tanaman & sayuran dan juga pupuk organik. Program-program ini menggunakan metode peternakan dan pertanian yang ramah lingkungan dengan tujuan agak bisa berlanjut secara mandiri dan ekonomis. Dengan satu kali inverstasi dan mentor berkesinambungan dari JMD, desa-desa ini dapat menuju kesejahteraan ekonomi dan sosial sepanjang hidup mereka.

Ketahui lebih jauh!

Ketahui lebih jauh!

Peternak Perempuan mengelola usaha peternakan kambing di Pidie Jaya

Salah satu program JMD yang sukses dalam kegiatan pemeliharaan dan pengembang-biakan kambing berlokasi di desa terpencil di wilayah Pidie Jaya, dimana 14 perempuan berkumpul bersama untuk membentuk usaha ternak kambing yang menguntungkan.

Para peternak perempuan ini mulai bekerja sama dengan membentuk satu komite yang menekankan pada praktek pengelolaan yang baik. Dengan bantuan dan pelatihan yang diberikan JMD, para peternak perempuan ini membangun peternakan kambing juga belajar keterampilan yang penting dalam hal konstruksi kandang kambing. Staf JMD juga memberikan pelatihan pengelolaan usaha juga pelatihan usaha ternak dan pemeliharaan yang sehat dari dokter hewan yang bekerja sama dengan JMD. Dengan dasar ini, kelompok perempuan ini memastikan bahwa ternak kambing mereka dikelola dan dikontrol dengan baik, diberikan makanan dengan nutrisi yang paling baik, dan dipelihara agar bisa mendapatkan kualitas tinggi sehingga pantas mendapatkan harga yang terbaik di pasaran.

Sebuah pelatihan yang diberikan JMD kepada kelompok peternak perempuan ini adalah kerjasama JMD dengan seorang pengajar kedokteran hewan di universitas setempat yang mengajarkan kepada kelompok peternak perempuan ini bagaimana memproduksi medikasi atau obat-obatan untuk ternak mereka dengan menggunakan bahan yang alami yang telah tersedia di sekitar mereka.